Purna Paskibraka Indonesia Jakarta Barat atau biasa dikenal sebagai PPI Jakarta Barat merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan di Jakarta Barat. Anggota PPI Jakarta Barat adalah para anggota Paskibraka yang telah menjalankan tugas mengibarkan duplikat bendera pusaka atau purna-Paskibraka.

PPI Jakarta Barat telah dirintis sejak tahun 1979. Saat itu, salah satu pelajar Jakarta Barat dari SMA Negeri 2, yaitu Kak Bambang T. Baskoro terpilih menjadi anggota Paskibraka di Tingkat Nasional. Selepas melaksanakan tugas pengibaran bendera, beliau bersama Kak Hans Silalahi, Kak Ahmad Fahly Riza (Paskibraka Tahun 1985) dan kakak-kakak Paskibraka lainnya aktif dalam program pembinaan Paskibraka, baik saat pembentukan maupun program purna.

Pada tahun 1989, Musyawarah Daerah Tingkat I (sekarang Musyawarah Provinsi) PPI DKI Jakarta dilaksanakan utk kali pertama dan merupakan tonggak berdirinya PPI DKI Jakarta dengan Kak Hans Silalahi, Paskibraka Tahun 1985 terpilih sebagai Ketua. Sedangkan PPI Jakarta Barat melaksanakan musyawarah daerah utk kali pertama pada tahun 1988 Dan terpilih sebagai ketua adalah kak Fahly, Paskibraka Tahun 1985.

Pada tahun 2004 dan 2014, PPI Jakarta Barat telah mengadakan Reuni Akbar untuk memperingati HUT Paskibraka Jakarta Barat ke-25 dan ke-35 Tahun. Para purna-Paskibraka yang terbentuk di Jakarta Barat berkumpul dalam suatu rangkaian kegiatan seni dan budaya yang ditampilkan oleh para Paskibraka muda. Acara tersebut sekaligus menunjukkan bahwa PPI Jakarta Barat tidak hanya melakukan aktivitas kepaskibrakaan, melainkan kegiatan seni, budaya, dan sosial.