Buka Bersama PPI Jakarta Barat 2016
21 Jun 2017 , kegiatan

          Selamat menunaikan puasa teman-teman, tak terasa ya ternyata sebentar lagi kita akan berjumpa dengan hari kemenangan. Di bulan Ramadan ini biasanya kita akan dibanjiri oleh ajakan buka bersama, entah itu keluarga, teman, dan lain-lainnya. Begitujuga dengan PPI Jakarta Barat, pada minggu kemarin PPI Jakarta Barat mengadakan buka bersama.

          Acara buka bersama ini dimulai pukul 16.30 WIB dan berakhir sekitar jam tujuh. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari kak Martin sebagai ketua PPI Jakarta Barat, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-quran. Acara ini juga dilengkapi dengan penampilan-penampilan, kultum, dan pembacaan Tilawah dan Saritilawah.

          Lalu, apakah kalian tahu tujuan dari diadakannya acara buka bersama ? 

Tujuan dari acara Buka puasa bersama bukan sekedar temu kangen dan bersorak sorai bersama, namun buka bersama juga sebagai momen untuk menyambung tali silaturahmi yang telah lama terputus dari kawan lama atau saudara jauh. Karena menyambung tali silahturahmi adalah hal yang penting bahkan Abdullah bin ’Amr berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

     لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ ، وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِى إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا

Seorang yang menyambung silahturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silahturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain.” (HR. Bukhari no. 5991)