Pengambilan Topi Aka 2013
1 Apr 2014 , kegiatan

Kontribusi Terhadap Organisasi


Minggu tanggal 16 Februari 2014 Pengurus PPI Jakarta Barat menyelenggarakan prosesi pengambilan atribut topi PPI kepada para anggota yang berasal dari Paskibraka angkatan 2014. Kegiatan ini diikuti oleh dua puluh satu anggota Paskibraka 2013.

Bentuk evaluasi & pengembangan diri. Kegiatan kali ini menitikberatkan kepada pembentukan karakter anggota PPI yang solid dan konsisten sehingga nantinya siap berkontribusi terhadap organisasi. Solid yang dimaksud adalah anggota Paskibraka 2013 tetap menjalin kekompakan antarteman dan dapat bekerja sama dengan pengurus lainnya dari berbagai angkatan selaku bagian dari pengurus PPI Jakarta Barat. Sedangkan konsisten yang dimaksud adalah anggota Paskibraka 2013 aktif dalam setiap kegiatan PPI Jakarta Barat dan juga konsisten dalam mengembangkan kemampuan/keahlian diri dan mengamalkan ilmu kepada teman, kakak, atau pun adik Paskibraka nantinya.

 

Kumpul Pagi dan melaksanakan Latgab


Sebelum Paskibraka 2013 menjalani prosesi pengambilan atribut topi, mereka diharuskan menjalankan kegiatan latihan gabungan para peserta terbaik MOP 2014. Peserta pengambilan atribut wajib berkumpul jam 06.30 WIB agar dapat mempersiapkan latihan gabungan dengan matang.
Seperti latihan biasanya, latihan gabungan diawali dengan apel pagi. Peserta pengambilan topi harus menjalankan tugas sebagai petugas apel tanpa kesalahan karena kinerja mereka pada latihan gabungan tersebut dijadikan salah satu indikator evaluasi Paskibraka 2013.
 

Ceker Ayam?


Hal yang unik selalu terjadi pada peristiwa pengambilan atribut topi. Pada tahun 2014 ini, peserta pengambilan atribut diwajibkan membawa makan siang yang telah ditentukan dan di antaranya adalah ceker ayam dan kepala ayam yang lengkap dengan jenggernya. Seperti apa rasanya? setidaknya hal tersebut menjadi kenangan tersendiri bagi 2014.


Di akhir kegiatan, Ketua PPI Jakbar memasangkan topi kepada tiap peserta. Namun bukan berarti proses pembelajaran sebagai anggota Paskibraka selesai, peserta harus mengoreksi kesalahan yang dilakukan saat itu untuk ditunjukkan pada hari-hari selanjutnya.

 

*) dikutip dari SNAAP Edisi April 2014