Hari Pendidikan Nasional 2017
3 May 2017 , lainnya

Hai kakak-kakak dan adik-adik, selamat Hari Pendidikan Nasional.

  • Tahukah kalian, mengapa tanggal 2 mei dijadikan sebagai hari pendidikan nasional ?

                Karena pada tanggal 2 mei merupakan hari kelahiran tokoh yang sangat berpengaruh dalam pendidikan di Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara.

  • Kenapa sih harus Ki Hajar Dewantara ?

 Karena Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu tokoh yang sangat berpengaruh di bidang pendidikan Indonesia.

  • Ada campur tangan apa saja sih Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan Indonesia ?

Pada saat itu Ki Hajar Dewantara adalah salah satu orang yang berani untuk menentang kebijakan kolonial Belanda, dimana yang dapat merasakan pendidikan hanyalah  orang-orang keturunan Belanda dan  orang-orang kaya. Ia juga pendiri dari taman siswa dan pernah menjabat sebagai mentri pendidikan  setelah Indonesia mengalami kemerdekaan.

  • Apakah kalian tau,  pemikiran-pemikiran dari Ki Hajar Dewantara  yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia ?

                Banyak pemikiran dan konsep dari Ki Hajar Dewantara  yang digunakan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.Contohnya  saja :

                1.) Panca Dharma

Pandangan Ki Hajar Dewantara  dimana  pendidikan haruslah berlandaskan lima dasar yaitu kemerdekaan, kodrat alam, kebudayaan, kemanusiaan, kebangsaan.

                2.)Kon-3

Pandangan Ki Hajar Dewantara dimana proses pendidikan haruslah berlanjut, terpadu, dan berakar bumi tempat dimana dilangsungkannya pendidikan

                3.)Tri Pusat Pendidikan

Pandangan Ki Hajar Dewantara yang menyatakan bahwa, proses pendidikan terjadi di lingkungan  keluaga, sekolah,dan masyarakat.

                4.)Laku telu

Pemikiran ini memiliki arti yang di depan memberikan teladan,di tengah memberikan ilham dan yang di belakang  memberikan dorongan.

                Pada tahun 2017 ini,dalam memperingati hari pendidikan nasional pemerintahan Indonesia mengangkat tema  "Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitasí" .Tema ini diangkat demi menyadarkan dan mendukung untuk dilaksanakannya  perataan  pendidikan yang berkualitas demi meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia. Selamat Hari Pendidikan Nasional dan buktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki generasi muda yang  karakter atau budi pekerti yang kuat, serta menguasai berbagai bidang keterampilan hidup, vokasi, profesi  abad 21 seperti visi presiden RI Joko WIdodo dibidang pendidikan.